(022) 8422-3103    nhsmodern2019@gmail.com

Berita & Pengumuman

Berita

LOREM IPSUM

  • 2 tahun yang lalu
  • ditulis oleh admin

Dongeng si Kancil memang sangat digemari tua dan muda. Dongeng fabel dengan tokoh utama si Kancil yang cerdik ini selalu bisa menghibur pembacanya. Karakter si Kancil yang banyak akal membuat jalan cerita jadi menarik dan membuat penasaran. Dalam beberapa dongeng, Si Kancil selalu dicari ketika ada masalah yang perlu dipecahkan.

Si Kancil juga terkenal dengan kelihaiannya membebaskan diri dari pemangsa. Ada-ada saja akalnya ketika binatang lincah itu mencoba mengakali musuhnya. Harimau, beruang, dan buaya adalah beberapa binatang pemangsa yang berhasil dijahili olehnya. Kecerdikan si Kancil inilah yang membuatnya digemari anak-anak.

Dongeng si Kancil memang jenis fabel yang tidak hilang dimakan waktu. Berbagai jenis buku dongeng selalu ada yang menyelipkan satu atau dua kisah dari binatang cerdik ini. Selain itu, banyak orangtua yang menceritakan dongeng tersebut pada anak-anaknya. Jadilah si Kancil tidak pernah dilupakan hingga kini.

Cerita-cerita jenaka kecerdikan si Kancil selalu mengandung nilai-nilai kebaikan. Karena itu dongeng ini sangat baik untuk dijadikan bahan bacaan anak-anak. Karena mereka akan dapat belajar nilai kebaikan yang ada di dalam ceritanya.

Sebelum mulai bercerita beberapa kisah si Kancil, ada baiknya kita paham dahulu tentang arti  dongeng. Apa bedanya dongeng dengan legenda atau jenis cerita lainnya? Sebenarnya, jenis cerita yang biasa kita dengar secara turun temurun itu ada beberapa macam. Ternyata legenda, cerita rakyat, mite atau cerita mitos, dan fabel termasuk bagian dari dongeng.

Pengertian dongeng adalah cerita yang dikisahkan secara turun temurun dan tidak benar-benar terjadi. Dongeng biasanya berasal dari kelompok masyarakat tertentu, berkaitan dengan daerah tertentu, berkaitan dengan kepercayaan tertentu, dan mengandung fantasi.